Minggu, 11 Mei 2014

"LAKSA" masakan Khas Banua Kalimantan Selatan



Hari ini saya pergi ke Pasar Terapung  yang ada di Tengah Kota Banjarmasin,dan saya menemukan makanan khas Banua (Kalimantan Selatan) yang  jarang di temui di hari biasa karena makanan satu ini cuma bisa di temui pada saat Hari Minggu di Pasar Ahad atau di pasar terapung tadi, kalaupun ada sulit mencarinya terutama di tengah pemukiman kota.
 "LAKSA" yang ada di Banjarmasin Foto By Novita D Vitamin'S
 "LAKSA"  kalau dimakan :) Foto By Novita D Vitamin'S
Nama Makanannya “LAKSA” dan ini berbeda dengan mie Laksa dari Singapore, tapi ini merupakan sebuah masakan khas dari Kalimantan Selatan walaupun, bentuknya seperti mie yang dipadatkan dan dibuat bulat tapi ini bukan mie dan terbuat dari tepung  beras, jadi Laksa ini berwarna putih. Yang membuat masakan satu ini enak karena harus dimakan bersama kuahnya yang terbuat dari santan dan ikan haruan( gabus ) yang dihancurkan walaupun warna kuahnya hampir sama dengan sayur lodeh mungkin karena bahan dasarnya sama-sama santan, tapi rasanya jauh beda karena didalam kuah Laksa ada  tambahan Ikannya jadi lebih enak. Laksa ini lebih enak dimakan ketika kuahnya masih hangat dan biasanya juga dihidangkan di acara-acara pernikahan di Banjarmasin sebagai salah satu menunya. Dan kalau di acara pernikahan Laksa ini biasanya di lengkapi dengan telur rebus sebagai lauknya.

 Bagi anda yang datang berkunjung ke Banjarmasin jangan lupa untuk mencoba masakan yang satu ini, sedikit saran bagi anda yang ingin mencoba Laksa,saat anda memakannya jangan di tambah kecap,saus sambal  atau saus tomat karena akan merusak rasa dari kuahnya. Bagi yang suka pedas  jangan khawatir karena biasanya si penjual sudah menyediakan cabe  khusus untuk Laksa ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar